fbpx
Ayu Assyamsi Master of Ceremony | Public Speaker | Book Author | Self-Love Coach | Duta Bahasa DIY 2017

Tips Public Speaking: 5 Cara Praktis Melatih Kemampuan Berbicara

1 min read

Apa yang ada dalam pikiranmu tentang public speaking?

Sejak balita, manusia sudah terlatih berbicara. Hanya saja, faktor kepercayaan diri mempengaruhi seberapa cakap Anda bertutur kata, terutama di depan publik. Ada yang terbiasa berbicara secara natural tanpa tersendat-sendat, ada juga yang terbata-bata ketika menyampaikan sesuatu.

Public speaking memang menjadi salah satu ‘momok’ bagi sebagian orang. Survei mengatakan, 41% manusia takut berbicara di depan umum. Ada yang mengaku grogi, tidak tahu materi, tidak terbiasa dilihat banyak orang, dan alasan lain yang menjadi penghalang seseorang melakukan berbicara di depan umum.

Kemampuan ini bukanlah bakat yang dibawa sejak lahir. Namun, dilatih dan dibiasakan. Selama Anda mau belajar dan rajin mempraktekkan ilmu tentang berbicara di depan umum ini, Anda bisa menjadi pembicara yang handal dan cakap.

Public Speaking
Workshop Public Speaking bersama Ayu Assyamsi

Di bawah ini adalah 5 cara praktis melatih kemampuan berbicara yang dapat Anda lakukan sehingga kemampuan public speaking Anda terasah:

Self-talk

Sebuah keberuntungan bagi yang terbiasa berbicara dengan diri sendiri. Self-talk adalah cara kita berdialog dengan inner voice diri sendiri yang diucapkan baik dalam hati maupun dengan suara lantang akan menjadi sebuah sugesti untuk diri (via Pijar Psikologi). Daripada bergumam tidak jelas, latih saja kemampuan berbicara Anda ketika sedang sendirian di kamar. Anda bisa bercerita tentang peristiwa yang terjadi selama seharian, pengalaman apa yang Anda dapatkan di tempat kerja baru, menu di restoran baru yang Anda coba bersana gebetan, dan lain-lain.

Latihan di depan cermin

Satu-satunya cara melihat diri sendiri adalah dengan bantuan cermin. Bila Anda percaya diri ketika melihat diri sendiri, kemungkinan orang lain pun akan tertarik melihat Anda. Sebaliknya, bila Anda sendiri tidak suka dengan penampilan Anda di cermin, orang lain pun akan malas melihat Anda. Manfaatkan saja hal ini untuk menilai performa public speaking Anda.

Mulailah dengan mencari topik-topik sederhana untuk berlatih public speaking, seperti:

  1. Ceritakan latar belakang Anda
  2. Apa yang Anda suka dari kota kelahiran Anda?
  3. Apa yang Anda rindukan tentang masa kecil Anda?

Lakukan hal ini secara rutin lengkap dengan kostum yang menunjang performa Anda. Selain menambah rasa percaya diri, Anda juga melatih diri menjadi pembicara profesional. Bagi yang kebingungan memilih kostum yang pas, tips selengkapnya bisa Anda simak disini.

Merekam suara via ponsel

Hampir di semua ponsel pintar pasti menyediakan sebuah fitur untuk melatih kemampuan speaking Anda, yaitu fitur perekam suara dan video. Daripada menganggur begitu aja, isilah dengan suara dan video Anda ketika sedang berlatih public speaking. Selain bisa melihat performa, Anda juga bisa menilai kekurangan diri sendiri ketika sedang berbicara.

Impromptu

Seorang public speaker harus terlatih berbicara apapun. Salah satu cara mengasahnya adalah dengan latihan berbicara secara impromptu. Impromptu adalah jenis berbicara yang dilakukan secara mendadak tanpa persiapan apapun. Impromptu juga bermanfaat untuk menghindari ngeblank di tengah pembicaraan. Anda akan dilatih cara mempersiapkan, memilih topik, dan berbicara spontan di kelas public speaking yang dapat Anda ikuti dengan kuota terbatas di sini.

Ikut komunitas public speaking

There is nothing more important in life then surrounding yourself with positive vibes. Di komunitas public speaking, Anda bisa mengeksplor kemampuan berbicara Anda tanpa takut dihakimi. Karena komunitas ini saling dukung dan memberi masukan tanpa menjatuhkan. Bergabunglah segera ke komunitas terkait setelah Anda mengikuti workshop public speaking yang bisa Anda daftarkan di sini.

Ayu Assyamsi Master of Ceremony | Public Speaker | Book Author | Self-Love Coach | Duta Bahasa DIY 2017

One Reply to “Tips Public Speaking: 5 Cara Praktis…”

Comments are closed.