PengembanganDiri.com Admin PengembanganDiri.Com, Situs Pengembangan Diri Indonesia. Dapatkan Wawasan Seputar Soft Skill dan Hard skill, Maksimalkan Potensi Terbaikmu.

Mengenal Apa Itu Interpersonal Skill

1 min read

interpersinal skill

Saat ini masih banyak orang yang belum mengetahui mengenai pengertian interpersonal skill, padahal skill ini sangat dibutuhkan baik dalam pekerjaan maupun dalam bekerja. Jadi tidak heran jika skill ini harus dikuasai namun tidak mudah untuk mendapatkan skill ini, apalagi skill ini juga berhubungan dengan hard skill dan soft skill. Berbicara mengenai skill maka masih banyak orang Indonesia yang kurang melek untuk menguasai skill, baik itu hard skill maupun soft skill. Padahal kedua skill ini wajib untuk dikuasai karena bisa membantu Anda menjadi manusia yang berkualitas. Jadi dengan menguasainya sama dengan memberikan investasi kepada diri Anda, mengingat kedua jenis skill ini dibutuhkan dimana saja. 

Apa itu interpersonal skill?

Banyak orang yang bertanya mengenai interpersonal skill ini, dimana skill ini merupakan kemampuan untuk mengenal, menghadapi, mampu berinteraksi kepada kelompok maupun individu. Tidak heran jika skill ini sangat diperlukan sekali, sebab dapat mempermudah dalam berkomunikasi dengan setiap orang, pasti setiap manusia akan berkomunikasi. Baik ketika bekerja maupun dengan orang sekitar, skill ini sendiri merupakan salah satu bagian dari soft skill. 

Jenis interpersonal skill

Tentunya skill ini terbagi dalam beberapa jenis, sehingga Anda wajib mengetahuinya agar bisa menguasai seluruh jenis dari skill ini. Walaupun tidak mudah untuk menguasainya, oleh sebab itu inilah jenis-jenis interpersonal skill ini.

1. Keterampilan mendengar

Untuk keterampilan ini merupakan hal utama dalam berkomunikasi, dimana keterampilan ini sendiri adalah kemampuan dalam menterjemahkan maksud dari yang dibicarakan orang kepada Anda. Tentunya tidak semua orang memiliki keterampilan ini, buktinya masih banyak orang yang masih salah paham mengenai suatu hal.

2. Keterampilan melakukan umpan balik

Keterampilan yang satu ini adalah kemampuan dalam mengetahui dampak yang akan timbul untuk diri sendiri maupun orang lain, contohnya seperti berbicara sesuatu yang bisa menimbulkan efek berupa sakit hati.

3. Keterampilan untuk membujuk

Merupakan kemampuan dalam memberikan bujukan maupun pengertian, sehingga orang tersebut mau mengikuti apa yang Anda inginkan. Serta mengajaknya dengan cara sukarela dan tidak ada paksaan.

4. Kemampuan resolving conflict

Merupakan keterampilan untuk menyelesaikan konflik yang timbul maupun masalah dengan orang lain.

Manfaat dari interpersonal skill

Tentunya ada banyak sekali manfaat jika Anda menguasai skill yang satu ini, dimana salah satu manfaatnya adalah bisa menciptakan hubungan yang harmonis dalam pergaulan. Jadi Anda bisa baik dengan semua orang, serta semua orang akan nyaman ketika berada di dekat Anda. Efek dari penguasaan skill ini adalah Anda bisa mendapatkan banyak teman baru, selain itu dengan menguasai efek ini maka Anda bisa mendapatkan kesuksesan. Jadi Anda harus belajar mengenai pengertian interpersonal skill.

Salam Pengembangan Diri.

PengembanganDiri.com Admin PengembanganDiri.Com, Situs Pengembangan Diri Indonesia. Dapatkan Wawasan Seputar Soft Skill dan Hard skill, Maksimalkan Potensi Terbaikmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *